Menu

Selasa, 02 November 2010

Social Network Business

Social Network Business (SNB), merupakan layanan networking yang dimanfaatkan untuk bisnis dalam hubungan social melalui media yang berbasis online. Pada dasarnya terjadi interaksi jaringan social dalam perkembangan bisnis yang dilakukan oleh perorangan atau perusahaan dalam layanan online. Ada bebrapa jaringan social dan jaringan bisnis yang menyediakan SNB ini, di antaranya : Facebook, Twitter dan MySpace.




Beberapa kelebihan Social Network Business untuk perusahaan :

• Insight dari customers, banyaknya produk dan layanan yang di dapat melalui social network business, sehingga para customer memperoleh informasi dari jaringan tersebut.

• Suara customer, di SNB ini customer bias memberikan masuk atau komentar dari apa yang di publis.

• Brand Experience, yaitu bias terjadinya interaksi sesame customer (pengguna).

• Image Perusahaan, dapat mendeskripsikan suati image perusahaan yang di jadikan produk atau layanan social.

Beberapa kekurangan Social Network Business untuk perusahaan :

• Kemanan, di saat perushaan menggunakan internet dan berinteraksi dengan rekan bisnis lainnya. Keamanan data-data dari perusahaan harus diperhatikan sebelum virus mengganngu data-data tersebut.

• Kekayaan Intelektual, seluruh karyawan dari perusahaan tersebut yang terlibat dalam penggunaan jaringan ini harus berhati-hati dalam penyampaian informasi kepada konsumen atau rekan bisnis lainnya. Jangan sampai informasi yang justru merupakan rahasia perusahaan yang mengalami kebocoran dan tersebar luas yang mengakibatkan kerugian untuk perusahaan.

• Resiko Kehilangan Karyawan, salah satu dampak yang mengacaukan kinerja karyawan adalah hubungan antar profesional yang tidak menguntungkan perusahaan, seperti yang telah dijelaskan pada point Kekayaan Intelektual di atas yaitu adanya pembocoran informasi perusahaan yang disengaja karyawan dan perpindahan karyawan ke perusahaan lain.

Tidak ada komentar: